prabowo

pemasaran bibit lele

32 posts in this topic

saya kepikiran cara lainnya sih, cara lama tapi akan efektif kalau pas (calon) pelanggannya butuh. yakni datang langsung dan beri kartu nama misalnya. teman saya yang jualan lele konsumsi karena tengkulaknya ga mau beli banyak2 akhirnya gerilya turun sendiri ke warung2 nawarin lelenya. share teman saya hampir 100% ditolak karena sudah ada langganan supplier lelenya. tapi tetap ditinggalkan kertas berisikan nomor hp atau kartu nama.

ga langsung ada kabar, kalau ga salah 4-5 bulan kemudian mendekati lebaran langsung banjir dihubungi pemilik warung lalapan soalnya kehabisan stok lele konsumsi. bisa ditarik garis lurus kalau tengkulak di satu wilayah itu2 saja, dan kalau sudah krisis ya semuanya kena. teman saya dapat rejeki sih. :P

tapi untuk solusi diatas memang lebih cocok buat lele konsumsi daripada yang dibahas sekarang, bibitnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

betul mas @narwhal, saya juga pernah kepikiran yg sama seperti itu! 

cuma kok rasanya kesane gimana gitu? tp ya nggak salah juga di coba.... insyaallah....!:)

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 hours ago, prabowo said:

betul mas @narwhal, saya juga pernah kepikiran yg sama seperti itu! 

cuma kok rasanya kesane gimana gitu? tp ya nggak salah juga di coba.... insyaallah....!:)

ya dipertimbangkan saja dulu mas. cari kenalan peternak lele lokalan saja dulu, biar bisa jadi langganan supplier bibit lelenya. soalnya kalau ke tengkulak kayanya fokus di hasil panen daripada bibitnya. :D

kecuali mas akhirnya ikut terjun ke lele konsumsi, atau malah buka warung lalapan sendiri sama istrinya. hehe. :D kayanya lumayan lho mas untungnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

betul mas @narwhal, .......malah sempat juga saya sama istri kepikiran klu bibit ada yg gak terjual mau di bikin semacam "baby fish crispy" gitu........!

# edisi antisipasi mas.....!:D:D

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 19/11/2016 at 9:08 AM, prabowo said:

betul mas @narwhal, .......malah sempat juga saya sama istri kepikiran klu bibit ada yg gak terjual mau di bikin semacam "baby fish crispy" gitu........!

# edisi antisipasi mas.....!:D:D

oh bukan yang disajikan segar ya mas (pecel lele misalnya). teman saya yang kesulitan memasarkan sejalan pikirannya, akhirnya dibuat nugget lele supaya awet. tapi ya idem, mau jual kemana bingung. soalnya juga masih nama baru di usaha ini dan pasarnya dalam olahan daging lele disini masih nebak2. memang merintis itu banyak eksperimennya dan banyak cobaan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 8/11/2016 at 4:45 AM, prabowo said:

@mas narwhal, nah itu masalahnya.........!

soal indukkan saya dapat dari saudara di sini aja mas, karena udah lama di pelihara di sini jadi kan lebih mudah penyesuaian dg iklim di sini, intinya jd lebih bandel.

 

Saya baru dapat informasi kalau banyak bibit lele yg baru di tebar di sekitar rumah yang mati masal. 

Bahkan sampai habis semua, menurut mereka karena faktor cuaca yg semakin buruk, dan semakin tidak menentu. 

Sekarang banyak peternak menunggu dulu sampai cuaca menjadi lebih bersahabat lagi, sebelum mencoba untuk menebar bibit lagi.

2 people like this

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 22/11/2016 at 7:14 AM, Remi said:

Saya baru dapat informasi kalau banyak bibit lele yg baru di tebar di sekitar rumah yang mati masal. 

Bahkan sampai habis semua, menurut mereka karena faktor cuaca yg semakin buruk, dan semakin tidak menentu. 

Sekarang banyak peternak menunggu dulu sampai cuaca menjadi lebih bersahabat lagi, sebelum mencoba untuk menebar bibit lagi.

hmmm... sangat disayangkan, tapi untung masih awal sekali jadi ga terlalu rugi juga. apa tidak ada kemungkinan kalau bibit lelenya yang sakit atau kurang bagus kualitasnya? atau memang karena masih sangat muda jadi sangat rentan/sensitif pada kondisi lingkungan?

2 people like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

mungkin cuaca cuma salah satu faktor dari sekian banyak penyebab saja mas, kan banyak di artikel2 di katakan

contohnya....bahwa sebenarnya bibit lele itu bukan sensitif dengan air hujan tapi bibit lele justru sangat sensitif terhadap percikan air hujannya, kan ini juga bisa di tanggulangi dengan penutup di atas kolam misalnya....:)

atau mungkin dengan menutup kolam dengan plastik mulsa agar suhu kolam tetap stabil saat hujan karena nggak banyak air hujan yg masuk langsung ke kolam .....9_9

2 people like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Terus gmn cara untuk menanggulangi dengan adanya cuaca musim penghujan itu mas ..maaf numpang nimbrung.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 8/11/2016 at 4:45 AM, prabowo said:

@mas narwhal, nah itu masalahnya.........!

soal indukkan saya dapat dari saudara di sini aja mas, karena udah lama di pelihara di sini jadi kan lebih mudah penyesuaian dg iklim di sini, intinya jd lebih bandel.

 

Kalau menurut penuturan beberapa peternak lele tersebut, mereka mengatan tidak mau ambil resiko dengan melakukan tebar bibit sekarang. Dan mereka memilih untuk menunggu saja sampai cuaca menjadi lebih bersahabat.

Karena bagaimanapun juga sampai saat ini saya dan peternak yg lain di sini, masih belum memiliki cara untuk mengatasi cuaca ekstrem. 

Jadi terlalu berisko saja kalau melakukan tebar bibit sekarang ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 26/11/2016 at 5:51 AM, syamsul said:

Terus gmn cara untuk menanggulangi dengan adanya cuaca musim penghujan itu mas ..maaf numpang nimbrung.

hehe silahkan dan selamat datang mas @syamsul :) tampaknya sudah dua cara diajukan oleh mas @prabowo :

On 23/11/2016 at 8:45 AM, prabowo said:

contohnya....bahwa sebenarnya bibit lele itu bukan sensitif dengan air hujan tapi bibit lele justru sangat sensitif terhadap percikan air hujannya, kan ini juga bisa di tanggulangi dengan penutup di atas kolam misalnya....:)

atau mungkin dengan menutup kolam dengan plastik mulsa agar suhu kolam tetap stabil saat hujan karena nggak banyak air hujan yg masuk langsung ke kolam .....9_9

trims idenya mas, saya juga belajar dari obrolannya. :D

11 hours ago, Remi said:

Kalau menurut penuturan beberapa peternak lele tersebut, mereka mengatan tidak mau ambil resiko dengan melakukan tebar bibit sekarang. Dan mereka memilih untuk menunggu saja sampai cuaca menjadi lebih bersahabat.

Karena bagaimanapun juga sampai saat ini saya dan peternak yg lain di sini, masih belum memiliki cara untuk mengatasi cuaca ekstrem. 

Jadi terlalu berisko saja kalau melakukan tebar bibit sekarang ini.

apa ga mungkin atau mungkin tidak bisa diskalakan kalau seluruh kolamnya didalam ruangan tertutup? ada kekurangannya kah? selain biaya konstruksi jelas lebih mahal, tapi kan tidak terpengaruh cuaca di luar jadinya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 8/11/2016 at 4:45 AM, prabowo said:

@mas narwhal, nah itu masalahnya.........!

soal indukkan saya dapat dari saudara di sini aja mas, karena udah lama di pelihara di sini jadi kan lebih mudah penyesuaian dg iklim di sini, intinya jd lebih bandel.

 

Ikan adalah hewan berdarah dingin, jadi untuk mempertahankan suhu tubuhnya perlu sinar matahari, jadi kalau kolam budidayanya mau diletakkan di dalam ruangan maka ruangan tersebut tetap harus punya akses sinar matahari.

Kalau tidak kita harus memasang sejenis heater untuk menjaga suhu kolam agar tetap stabil, tapi yg pasti dg memasang heater pasti akan menambah biaya produksi.

Terkadang kolam kami juga biasa memasang heater jika suhu udara di Malang ini terlalu rendah.

1 person likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

gimana kabar bibit lelenya mas @prabowo? :D

teman saya akhirnya diolah sendiri ke makanan jadi dan mencoba peruntungan dijual langsung ke konsumen. masih merintis jadi belum ketahuan apakah minimal bisa jadi arah panen yang gagal terjual daripada mubazir atau memang bukan jalannya.

kalau masih kecil2 dan gagal laku kayanya antara siap mental ke tingkat lele konsumsi atau dibuat keripik lele. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

alhamdulillah udah habis mas @narwhal, ini rencana udah mau nelorin lagi lagi nyiapin kolamnya.....:)

1 person likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 hours ago, prabowo said:

alhamdulillah udah habis mas @narwhal, ini rencana udah mau nelorin lagi lagi nyiapin kolamnya.....:)

mantap mas. :D ga jadi bingung ya. dijual kemana mas? pembudidaya langsung atau ada jalur lain? untuk berikutnya berarti sudah ada yang siap nampung ya?

boleh tahu berapa harga benih lelenya? di blitar kan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By narwhal
      kemarin habis ngobrol sama teman soal budidaya lele tentunya. ada hal menarik soal resiko budidaya lele tapi malah dari faktor luar yakni orang lain yang bisa merugikan usaha kita.
      jadi ada modus penipuan yang bisa dilakukan orang tidak dikenal atau malah kenalan yang ingin pinjam/utang pakan lele sekian karung. biasanya minimal puluhan sak dan tidak kaget kalau bisa 100 sak. yang kalau ditotal bukanlah nominal rupiah yang kecil. dengan alasan putaran modal tersendat atau sedang ada musibah.
      nanti calon korban akan diyakinkan dengan jaminan mobil/motor yang hampir pasti palsu atau milik orang lain. yang dilakukan sebenarnya dari hasil pinjaman pelet lele yang jumlahnya banyak itu sebenarnya akan dijual kembali dengan harga murah. dan tidak lama kemudian akan sulit dicari atau hilang. atau walaupun bisa menagih malah bisa kalah galak.
      jadi hati2 saja bagi pembudidaya lele pemula maupun sudah ahli. karena buktinya di lingkungan teman saya masih ada saja yang kena tiap tahunnya, padahal sudah banyak yang tahu.
    • By narwhal
      Mencari tutorial yang membahas bagaimana caranya budidaya ikan lele kok rasanya lebih mudah daripada yang bicara soal butuh berapa modalnya dan keuntungannya. Kali ini saya mau share sedikit ilmu dari kedua teman saya yang kebetulan sudah 2 tahun terjun di dunia ternak lele. Disini semuanya hanyalah estimasi saja dan disederhanakan, jadi angka - angka yang digunakan harap dipakai sebagai referensi saja. Juga lokasi di Malang, kalau mas/mbak asalnya dari wilayah lain harap disesuaikan juga.
      Pengeluaran pertama adalah untuk pembuatan kolam terpal dan skalanya adalah kecil. penggunaan terpal karena lebih cepat dan murah untuk memulai usahanya, jadi irit modal dibandingkan membangun kolam permanen. bisa kelamaan dan habis modal kalau masih awam tapi nekat terjun. kecuali ada binaan dari kelompok tani atau koperasi.
      Anggap saja kita akan membuat satu kolam terpal sendiri dengan ukuran 2,5x3x1 meter:
      Maka ongkos terpalnya dengan jenis A10 sekitar 200.000. Harga bambu untuk rangkanya (asumsi 5 batang sudah cukup) sekitar 100.000. Total Rp. 300.000,- Selanjutnya adalah harga bibit lele, ada berbagai macam jenisnya (dumbo, kampung, sangkuriang) dan ukurannya tapi dipermudah disini:
      Bibit lele 2000 ekor dengan ukuran 5-7cm @150, jadi totalnya 300.000. Biaya pakan lele selama 3 bulan, 160kg @ 10.000 = 1.600.000 Total Rp. 1.900.000,- Estimasi panen lele:
      Rasionya sekitar 30% lele yang ada di kolam mati sampai masa panen (asumsi 3 bulan). Jadi 600 ekor lenyap dan sisanya 1400 ekor. Kemudian dalam 1 kg ada 8 ekor. Dan harga 1kg adalah 16.000 ke tengkulak. Maka 1 kolam ini kalau dihitung hasilnya kalau dijual adalah 1400/8*16.000 = 2.800.000 Jadi pemasukan kotornya adalah Rp. 2.800.000 Kalau semuanya direkap maka:
      Hasil panen pertama dikurangi modal, jadi 2.800.000 - 2.200.000 dan keuntungan bersihnya adalah Rp. 600.000. Panen seterusnya tidak perlu menghitung biaya kolam terpalnya lagi karena sudah ada, jadi bersihnya naik jadi Rp. 900.000. Semakin banyak kolam semakin besar potensi pendapatannya. Apalagi kalau ukurannya juga lebih besar. Semua perhitungan usaha budidaya lele diatas adalah dengan asumsi kondisinya ideal. Sebelum anda mengawalinya sangat disarankan mencari informasi tengkulak/pengepul lele di wilayah anda. karena kalau sudah terlanjur masa panen dan tidak bisa dijual ya sama saja rugi nantinya.
      silahkan dikomentari, atau dikoreksi apabila ada yang salah. apalagi kalau mau ikut berbagi perhitungannya bagi yang sudah menjalankan usaha ternak lelenya biar saling membantu.