Sign in to follow this  
Followers 0
narwhal

Kanibalnya Hamster

7 posts in this topic

Biar ga sepi2 amat forumnya sekalian share soal merawat hewan. walau bukan budidaya tujuannya.

jadi sudah 2 mingguan ini saya pelihara hamster karena pertimbangan ukurannya kecil dan dengan asumsi gampang dirawat. ya tinggal bersihin kandang, dimandiin seminggu sekali, botol minum full dan makanan rutin.

tragisnya dari 6 ekor hamster sekarang tinggal 4.  O.o ciri2nya kurang lebih sama, tiba2 diserang kawan2nya dan dimakan. kaget kok bisa tiba2 kanibal gini hamsternya. padahal saya beri makan (rotasi jagung, wortel, kwaci) dan cukup banyak.

jadi heran apa ada yang salah atau ternyata ada cara khusus mencegahnya. ada yang tahu?

2 people like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Klo setahu saya memang kalau demikian biasanya harus dipisahkan antara yg dewasa dg yg masih kecil. Untuk mencegahnya saja.

Tetapi setahu saya saat ini pamor hamster sudah tidak setenar dahulu waktu film kartun Hamtaro baru saja muncul. 

Karena saat ini banyak teman yg memelihara hamster hanya dijadikan pakan untuk ular, terutama dari jenis piton. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

nah itu, tak kira mudah merawat hamster. lha tikus sesama hewan pengerat saja ga perlu dipiara bisa sehat dan berkembang biak. nah ini sama2 dewasanya, tanpa ada ciri2 khusus seperti sakit atau yang aneh2, tiba2 dikeroyok temannya dan ternyata dimakan. O.o

 

On 1/11/2016 at 6:30 PM, Remi said:

Karena saat ini banyak teman yg memelihara hamster hanya dijadikan pakan untuk ular, terutama dari jenis piton. 

saya ga kepikiran miara buat itu sih, niatnya biar ada hewan saja di rumah dan tampaknya menghibur. tapi namanya merawat walaupun sesepele apapun ga boleh teledor memang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ikut nimbrung mas, katanya sih klu untuk binatang pengerat semacam hamster, kelinci dan saudara2 semarganya.......jie! biasanya klu tidak di pisah antara pejantan dewasa dan pejantan muda, maka akan terjadi semacam perkelahian untuk berebut kekuasaan, dan bisanya dgn cara saling mengebiri katanya begitu.......klu udah terkoyak bisanya yg lain sih cuma ikutan nimbrung aja.......ini pengalaman orang tua saya waktu dulu memelihara kelinci, jd kemungkinan kurang lebih seperti itu mas........!9_9

Share this post


Link to post
Share on other sites

silahkan mas @prabowo, saya masih belajaran merawat hamster ini. soalnya pas miaranya sendiri ga ada niat, iseng aja lewat pasar burung dan lihat harganya kok murah cuma 10ribuan per ekor. ya diangkut lah, sekalian nemenin di rumah, masa main hp atau laptop terus di rumah. :P

bisa jadi mas, memang tiba2 kok tarung sendiri dan begitu salah satu lemah lah kok diserbu yang lainnya. dan yang mati saya ga bisa bedain jantan atau betinanya, nanti tak cek sisanya kelamin apa.

tapi kalau kelinci cuma kebiri ya mas? lah kalau hamster ini sampai dimakan teman2nya. asli bagi saya yang awam ini ngeri banget lihatnya, dimutilasi hidup2 gitu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya mas narwhal, cuma di kebiri aja klu untuk kelinci......! klu untuk hamster saya jg masih krang tau, apa emang seperti itu cara ia mengokohkan diri sebagai raja koloni atau gimana....kok bisa sampai di buat perta se koloni !

Share this post


Link to post
Share on other sites

sekarang saya bingung sadis mana kelinci kebiri temannya atau hamster makan temannya. :D asli sempat pertimbangan kelinci juga waktu itu, hewan imut. tapi kok yang pengerat gini nyatanya ngeri2 ya kebiasaan hidupnya. O.o

sedikit update, 4 hamster saya sekarang tampaknya rukun2 saja. tinggal 3 cewek 1 cowok memang. tampaknya benar kata mas @prabowo ini persaingan pejantannya jadi raja sekandang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0