All Activity

This stream auto-updates   

  1. Earlier
  2. bagi yang belum tahu, Indonesia ternyata adalah produsen dan ekspotir daging katak terbesar di dunia. mencapai 2/3 dari seluruh distribusinya dari total. ini sungguh jumlah yang sangat besar. baca2 dari sini: http://www.dw.com/en/from-indonesian-forests-to-french-plates-the-unsustainable-trade-in-frogs-legs/a-37768006 ada 2 jenis katak konsumsi yang dijual: Limnonectes macrodon dan Fejervarya cancrivora , bisa dicek linknya ke wikipedia seperti apa mahkluknya. tapi katanya ukurannya besar, bisa mencapai 20cm. tampaknya bisa jadi pertimbangan budidaya kalau Indonesia bisa jadi juaranya, dan katanya hanya jenis kedua sekarang yang ditemukan. mungkin karena yang pertama sulit budidayanya, jadi pada cari jenis katak yang lebih mudah tapi kualitasnya setara.
  3. Ini adalah olahanbikan wader, mungkin kalau bahasa kerennya di Indonesia disebut sebagai baby fish. Harganya Rp 15.000 / kemasan plastik. Jika mau diternakkan bisa saja, hanya memang butuh ikan dalam jumlah banyak, supaya bisa produksi. Untuk rasanya tidak kalah dengan ikan teri, hanya ukurannya lebih besar sedikit. Sebenarnya saya juga beli di pasar, dan belum ada kesempatan untuk produksi sendiri.
  4. bukannya tinggal dijual saja ke pengepul? atau dipakai sendiri di budidaya lelenya? apa sulit jualnya sekarang? sudah wafat tampaknya. ga jago memang ngurus hewan. hehe.
  5. wajar sih mas. lha dibuat mancing ikan ya doyan. apalagi dibuat pakan, ga usah rebutan lagi makannya. skalanya juga. dulu mungkin cuma kelas hobi dan penggemar ikan hias atau budidaya belum sebanyak sekarang, yang beli saja ya jelas ga banyak juga. berbanding lurus dengan peminat pastinya.
  6. Kalau sekarang skalanya masih saya sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Tapi jika ingin memperbanyaknya, sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat. Hanya saja kalau produksinya banyak, tapi ngak kepake saya pikir bisa mubazir. Klo mas @narwhal bagaimana kondisi microwormnya?
  7. sudah skala apa mas @Remi? Masih coba2 atau sudah mencukupi untuk kebutuhannya? mahal dari sisi apanya mas kalau arthemia? perawatan atau bibitnya?
  8. Saya kemarin pergi ke pasar ikan Splendid yang ada di Kota Malang. Lalu saya melihat bahwa cacing tanah di sana ternyata sudah dijual sebagai pakan ikan hias. Dulu cacing tanah hanya dijadikan sebagai umpan saat memancing, tapi sekarang saat jumlah peternak ikan sudah semakin banyak, dan jumlah cacing sutra yang semakin sedikit. Maka sepertinya cacing tanah juga dijadikan pakan ikan hias.
  9. Saya sendiri juga punya micro worm di rumah, cacing ini saya gunakan untuk memberi ikan yang masih berada dalam tahap benih. Saya pikir cacing jenis ini, akan lebih murah jika dibandingkan dengan udang arthemia, yang harganya sudah mencapai 100rb per gramnya. Yang jalas sangat tidak ekonomis untuk peternak ikan biasa seperti saya.
  10. halo apa kabar semuanya? sudah 2 minggu lewat ga ada aktivitas di forum ini karena banyaknya kerjaan numpuk pas akhir tahun dan baru ada waktu luang sekarang. 1-2 hari lalu dapat ilmu soal cacing mikro (Panagrellus redivivus) ini. ternyata harganya cukup mahal, katanya micro worm ini 3 sendok makan harganya Rp. 30.000 fungsinya buat pakan ikan cupang atau lele yang masih benih/kecil. mungkin ada keunggulannya sendiri kalau bisa semahal itu untuk takaran kecilnya. singkat cerita saya diberi toples kecil berisi micro worm ini, dan memang sangat kecil harus benar2 diperhatikan baru kelihatan. makanannya sendiri adalah tepung terigu dicampur ragi dan sedikit air, bisa awet semingguan lewat baru diberi lagi. untuk sekarang levelnya adalah masih coba2 atau hobi. cuma penasaran saja bagaimana sistem budidayanya dan mungkin saja kalau lancar bisa ditingkatkan skalanya.
  11. bisa jadi cocok mas karena ga kerepotan jual panen tiap beberapa hari. soal hama/penyakit rasa sama saja dengan budidaya umumnya. tinggal modal dan eksekusinya.
  12. lah kebalik ini, sudah share ilmu duluan kok baru salam kenal mas. selamat datang dan trims pendalaman jamur tiramnya.
  13. salam horass suksess enterprneur...., LINDON gabung buat nambah wawasan.., gak selamanya kita jadi pegawai..., harus bisa planing usaha sendiri.., dan menciptakan lapangan kerja sendiri....,
  14. hama yg paling bahaya waktu saya Njamur itu ulat bos karna bisa merusak keseluruhan baglog, dan baglog bisa terlihat berwarna hitam, hal ini bisa dikarenakan waktu panen jamur ada sisa batang yang masih tertinggal di baglog, oleh karena itu harus super bersih klu lagi nyabut jamur untuk panen., hama lain yang saya tahu itu merutu, semacam serangga yg bisa buat jamur kita berwarna kuning.., klu ini mesti disemprot bos biar musnah ?? jadi waktu itu kita punya pegawai bos.., yg kontrol kelembabpan kumbung jamur.., jadi memang kelembapan harus pas.., pas dalam artian jangan juga terlalu lembab.., karna klu terlalu lembab klu ada hama ular jadi bisa tambah berkembang biak dgn cepat.., jamur yg terlalu basah juga dinilai gak bagus dipasaran karna bobotnya tidak murni jamur melainkan bercampur air lagian lebih gak tahan lama klu jamur terlalu basah hitungan hari bos, klu jamur kita jual kiloan tidak dipacking dua hari warnanya bisa menguning.., tapi klu kemasan dan disimpan di dalam pendingin bisa lebih lama lagi 4-5 hari.., tapi tetap saja gan kita anggap bahwa jamur ini sama seperti sayur pada umumnya klu gak segar ya pasti tidak laku dipasaran...
  15. wah setelah baca2 thread ini..., wahhhh jadi pingin usaha sampingan lele..., 😉😉😉👍👌👌👌.., Tinggal prakteknya ini..
  16. mantap mas. ga jadi bingung ya. dijual kemana mas? pembudidaya langsung atau ada jalur lain? untuk berikutnya berarti sudah ada yang siap nampung ya? boleh tahu berapa harga benih lelenya? di blitar kan?
  17. alhamdulillah udah habis mas @narwhal, ini rencana udah mau nelorin lagi lagi nyiapin kolamnya.....
  18. gimana kabar bibit lelenya mas @prabowo? teman saya akhirnya diolah sendiri ke makanan jadi dan mencoba peruntungan dijual langsung ke konsumen. masih merintis jadi belum ketahuan apakah minimal bisa jadi arah panen yang gagal terjual daripada mubazir atau memang bukan jalannya. kalau masih kecil2 dan gagal laku kayanya antara siap mental ke tingkat lele konsumsi atau dibuat keripik lele.
  19. trims informasinya mas @lindon hamanya baglog itu apa aja mas? yang paling parah? ga bisa dicegah atau dikurangi efeknya? atau langsung dibuang saja biar ga nyebar? rasanya ini cuma tinggal masalah rajin2 nyiram. mungkin pekerjanya capek atau lupa kalau sampai jadi masalah. ga full time kah? berapa lama tidak tahan lama ini mas? hitungan jam atau hari? ga bisa dikemas atau dibekukan supaya lebih awet?
  20. halo, apa kabarnya? kali ini saya ingin ngajak ngobrol dan share soal dilema hasil panen lele konsumsi itu diapakan? pada umumnya pasti dijual langsung ke tengkulak atau kalau sudah ada koneksi warung/restoran lebih baik lagi. tapi bagaimana kalau hasil panen kita berlebih jadi ada sisanya? atau malah karena harga yang ditetapkan pengepul tidak kompetitif dan cuma balik modal atau malah jadi rugi. dibiarkan pun tidak mungkin karena semakin lama akan jadi tidak layak konsumsi dan tidak berharga, apalagi kalau biaya operasional kita masih tertahan di panen lele yang belum laku terjual. kalau dijadikan pupuk apa tidak musibah namanya. nah teman saya karena kesulitan menghabiskan stok panen lelenya mencoba merintis produk olahan daging lele. dijadikan daging lele asap dan nugget kalau spesifiknya. pertimbangannya kalau sudah diolah dan dikemas tentu usia produknya (shelf life) jadi lebih lama dan memberikan batas waktu yang lebih lega untuk menjualnya. tapi pemasarannya juga bukan urusan mudah, teman saya masih berjuang disini. inspirasi diskusi ini disebabkan kemarin saya beli smoked catfishnya dan harganya cukup lumayan juga 35ribu per 150 gram. dan review saya rasa dan teksturnya mirip daging ayam. bahkan saya sempat ragu ini apa benar ikan lele. jadi secara rasa sebenarnya tidak ada masalah, tapi tampaknya bukan barang yang umum dikonsumsi saja. bagaimana dengan anda? ada ide lain atau sudah menjalaninya malah? yuk dishare.
  21. jadi hitungan itu adalah hitungan kasar.., tentang margin jika tanpa halangan.., halangan dalam bertani tentunya bnyak.., hambatan dalam bertani jamur sbb, 1. hama, yang diserang bisa jamurnya atau baglognya.. jika diserang baglog ini akan sulit penangananya.., karna berada di dalam baglog.., dan sangat mempengaruhi kualitas dan kapasitas jamur yg dihasilkan. 2. jika musim panas kondisi jamur cinderung kering dan mengurangi bobot, jadi harus ekstra untuk menyiram jamur., 3. Dan yang paling perlu diingat 😂😂😂😂..., JAMUR TIRAM TIDAK BISA BERTAHAN LAMA.., jadi harus segera dijual
  22. Ikan adalah hewan berdarah dingin, jadi untuk mempertahankan suhu tubuhnya perlu sinar matahari, jadi kalau kolam budidayanya mau diletakkan di dalam ruangan maka ruangan tersebut tetap harus punya akses sinar matahari. Kalau tidak kita harus memasang sejenis heater untuk menjaga suhu kolam agar tetap stabil, tapi yg pasti dg memasang heater pasti akan menambah biaya produksi. Terkadang kolam kami juga biasa memasang heater jika suhu udara di Malang ini terlalu rendah.
  23. oh jadi bisa mas? kan enak lebih banyak hasil panennya dalam ruangan yang sama karena kapasitas total kandangnya jadi lebih banyak bila ditumpuk. pakan cacing apa memangnya? bikin sendiri atau beli? saya cuma kepikiran diberi buah dan daging. polusi baunya tampaknya bakal lumayan juga ya. dan hamanya bisa masuk apa ga ditutupi lokasinya?
  24. hehe silahkan dan selamat datang mas @syamsul tampaknya sudah dua cara diajukan oleh mas @prabowo : trims idenya mas, saya juga belajar dari obrolannya. apa ga mungkin atau mungkin tidak bisa diskalakan kalau seluruh kolamnya didalam ruangan tertutup? ada kekurangannya kah? selain biaya konstruksi jelas lebih mahal, tapi kan tidak terpengaruh cuaca di luar jadinya.
  25. Kalau menurut penuturan beberapa peternak lele tersebut, mereka mengatan tidak mau ambil resiko dengan melakukan tebar bibit sekarang. Dan mereka memilih untuk menunggu saja sampai cuaca menjadi lebih bersahabat. Karena bagaimanapun juga sampai saat ini saya dan peternak yg lain di sini, masih belum memiliki cara untuk mengatasi cuaca ekstrem. Jadi terlalu berisko saja kalau melakukan tebar bibit sekarang ini.
  26. Terus gmn cara untuk menanggulangi dengan adanya cuaca musim penghujan itu mas ..maaf numpang nimbrung.
  1. Load more activity